Haruskah Penyakit Wasir Atau Ambeien Di Operasi ?

By | December 13, 2016

gambar-sakit-wasir

Hemorrhoid (wasir/ambeien) merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Hemorrhoid dibagi menjadi hemorrhoid eksterna dan interna. Wasir atau ambeien umumnya terjadi karena buang air besar yang tidak teratur dan sering mengejan.

Hemorrhoid eksterna (wasir luar) diliputi oleh kulit dan tidak dapat dimasukkan, Jadi selalu ada diluar, tidak selalu menimbulkan keluhan dan tidak menyebabkan pendarahan. Sedangkan untuk Hemmorhoid interna (wasir dalam) ada beberapa tingkatan atau grade dan dapat dikelompokkan menjadi :

  • Grade I : Wasir tidak keluar dari rektum.
  • Grade II : Wasir prolaps (keluar dari rektum) pada saat mengejan, namun dapat masuk kembali secara spontan.
  • Grade III : Wasir prolaps saat mengejan, namun tidak dapat masuk kembali secara spontan, harus secara manual (didorong kembali dengan tangan).
  • Grade IV : Wasir mengalami prolaps namun tidak dapat dimasukkan kembali.

Apakah pengobatan wasir perlu ditangani melalui operasi atau tidak ? Bergantung pada stadium wasir yang dialami. Yang terpenting adalah pada waktu pengobatan maupun setelah pengobatan pasien dapat menjaga agar selalu buang air besar secara teratur dengan feses yang berbentuk lunak. Untuk itu, pasien perlu banyak minum dan makan makanan yang kaya serat.

Baca Juga : Cara Mempercepat Penyembuhan Luka Jahitan Setelah Operasi

Wasir stadium 1 umumnya dapatb diobati dengan mengatur buang air besar dan beberapa jenis obat. Pada stadium 2, selain obat dapat dilakukan pengikatan (ligasi) atau penyuntikan dengan obat tertentu. Sedangkan pada stadium 3 dan 4 umumnya harus dioperasi.

Jadi, untuk mengatasi wasir perlu ditentukan dahulu apakah wasir luar atau dalam dan kemudian ditentukan stadiumnya.

Terimakasih telah berkunjung ke website kami, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu Anda untuk mencegah ataupun mengatasi penyakit wasir / ambeien sejak dini. Semoga Anda lekas sembuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *