Makanan Untuk Mempercepat Penyembuhan Pasca Operasi Caesar

By | February 1, 2017

Makanan Yang Perlu Dikonsumsi Untuk Mempercepat Penyembuhan Pasca Operasi Caesar

makanan-pasca-melahirkan Setiap orang yang baru selesai operasi pasti selalu meninggalkan bekas luka yang butuh waktu beberapa lama untuk hilang. Lama tidaknya luka operasi tersebut sembuh tergantung pada tiap individu yang mendapatkan luka tersebut. Dalam kondisi normal, luka pasca operasi ini bisa sembuh dalam waktu enam minggu. Hal itu bisa lebih lama jika individu memiliki penyakit lain seperti gula, kencing manis dan penyakit yang lain. Meskipun begitu operasi entah itu operasi caesar, operasi bekas kecelakaan, jahitan, dan operasi yang lain, mereka tetap membutuhkan perawatan yang tidak boleh sembarangan jika ingin cepat sembuh.

Baca Juga : Cara Mengeringkan Luka Operasi Caesar Dengan Cepat dan Aman

Dalam artikel kali ini saya akan memberi tahu beberapa cara agar luka operasi cepat sembuh dan beberapa makanan yang sebaiknya anda konsumsi selama proses penyembuhan luka operasi. Setelah melakukan beberapa perawatan terhadap luka pasca operasi, dibutuhkan termasuk makanan yang mengandung kebutuhan nutrisi manusia yang berguna untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka operasi. Berikut adalah beberapa makanan sehat yang membantu untuk mempercepat proses penyembuhan luka pasca operasi :

Makanan yang Mengandung Vitamin C dan Flavonoid

Vitamin C dan Flavonoid adalah dua zat yang sangat baik untuk membantu proses penyembuhan luka pasca operasi. Hal ini karena 2 zat tersebut mengandung jaringan ikat yang mampu membantu menunjang penyembuhan luka. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin C dan flavonoid :

1. Blueberry

Blueberry adalah salah satu buah dari keluarga berry. Buah ini memiliki kandungan flavonoid yang tinggi dan baik untuk tubuh. Selain flavonoid, di dalam blueberry juga merupakan makanan yang mengandung antioksidan tinggi yang mampu melindungi otak dari penyakit alzheimer. Selain itu juga terkandung senyawa bernama D-mannose yang mampu membantu mencegah infeksi saluran kencing.

2. Teh Hijau

Teh hijau atau yang biasa disebut green tea adalah salah satu jenis teh yang mengandung flavonoid. Teh hijau mampu membantu menyembuhkan luka pasca operasi. Selain mengandung flavonoid, teh hijau juga mengandung polyphenol yang mampu mencegah inflamasi dan kanker.

3. Coklat

Di dalam coklat juga terdapat kandungan flavonoid yang cukup untuk membantu menyembuhkan luka pasca operasi. Dalam coklat selain terdapat flavonoid, terdapat juga zat yang mampu membuat mood seseorang menjadi lebih baik. Akan tetapi, hanya coklat hitam yang memiliki kandungan flavonoid yang cukup untuk tubuh.

4. Bilberry

Bilberry juga merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan flavonoid yang cukup untuk tubuh. Selain memiliki flavonoid di dalamnya, bilberry juga memiliki kandungan buah yang mengandung vitamin C kompleks.

5. Paprika dan bayam

Dua sayuran ini memiliki kandungan flavonoid yang baik untuk tubuh. Selai flavonoid, dua sayuran tersebut juga mengandung banyak vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh anda. Baya juga merupakan makanan yang mengandung zat besi dan baik untuk produksi darah.

Makanan yang kaya Vitamin A

Vitamin A juga merupakan salah satu vitamin yang mampu membantu mempercepat proses penyembuhan luka pasca operasi. Berikut adalah beberapa contoh makanan yang mengandung vitamin A :

1. Wortel

Sudah menjadi pengetahuan bagi semua orang bahwa wortel adalah sayuran yang memiliki kandungan vitamin A yang tinggi dan baik untuk tubuh. Selain membantu mempercepat proses penyembuhan luka pasca operasi, wortel juga berkhasiat menyembuhkan hipertensi (darah tinggi) dan nyeri akibat menstruasi.

2. Bayam

Selain mengandung flavonoid yang berlimpah, bayam juga mengandung vitamin A yang baik untuk proses penyembuhan luka pasca operasi. Satu cangkir bayam mengandung 49% vitamin A yang cukup untuk tubuh. Itulah kenapa bayam menjadi salah satu sayuran yang paling kaya akan nutrisi.

3. Sereal

Sereal yang bahan dasarnya dari jagung kuning dan gandum mengandung banyak vitamin A yang baik untuk tubuh dan mampu membantu proses penyembuhan luka pasca operasi.

4. Hati sapi

Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa dalam tiap 100 gram dagig sapi terkandung 300% vitamin A yang baik untuk tubuh. Hati sapi sangat baik dikonsumsi untuk membantu proses penyembuhan luka pasca operasi.

5. Olahan Susu

Susu dan beberapa hasil olahannya mengandung vitamin A yang baik untuk tubuh. Vitamin A yang terkandung dalam olahan susu mampu membantu proses penyembuhan luka pasca operasi.

Makanan Dengan Zinc yang Melimpah

Zinc adalah mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Dalam banyak penelitian mengatakan bahwa tidak semua makanan kaya akan zinc. Maka dari itu, dibutuhkan keragaman makanan untuk mendapatkan asupan zinc yang cukup untuk tubuh. Zinc mengandung komponen enzim yang mampu membantu proses penyembuhan luka pasca operasi. Berikut adalah beberapa makanan yang mengandung zinc yang baik untuk tubuh :

1. Dark Chocolate

Selain mengandung flavonoid, dark chocolate juga mengandung zinc yang baik untuk tubuh.

2. Bayam

Bayam memang kaya akan banyak zat. Bayam juga mengandung zinc yang baik untuk tubuh anda.

3. Kepiting

Hampir semua makanan laut mengandung banyak zinc akan tetapi dari semua makhluk laut yang mengandung zinc, kepiting adalah salah satu yang memiliki kandungan zinc yang melimpah. Karena itu, mengkonsumsi kepiting mampu membantu proses penyembuhan luka pasca operasi. (Tidak disarankan bagi penderita Alergi Makanan Laut)

4. Tiram

Tiram adalah salah satu hewan laut yang memiliki kandungan zinc yang tiggi dan baik untuk tubuh anda.

5. Mengkonsumsi Ikan Gabus

Ini adalah satu penelitian yang baru-baru ini ditemukan, dimana ikan gabus berdasarkan penelitian tersebut mampu membantu untuk menyembuhkan luka pasca operasi. Ikan gabus bahkan merupakan makanan yang paling dianjurkan untuk dikonsumsi setelah operasi. Hal ini dikarenakan ikan gabus merupakan makanan yang mengandung protein yang dikenal dengan nama Albumin. Albumin mampu membantu penyembuhan luka. Dalam ikan gabus, kadar albumin cukup tinggi, yakni 6,224 gram.

Makanan Yang Harus Di Hindari Setelah Operasi Caesar

Selain makanan yang sehat, tentunya saya disini akan memberikan sedikit informasi mengenai makanan yang harus dihindari setelah operasi caesar. Tujuan nya adalah untuk membuat proses penyembuhan luka operasi caesar lebih cepat. Adapun beberapa makanan tersebut adalah :

  • Kol, Brokoli, Lobak, Kembang Kol, Dan Jamur. Makanan ini harus di hindari karena dapat menimbulkan gas yang dapat menambah tekanan dalam perut.
  • Hindari makanan yang dapat membuat anda mengalami sembelit seperti daging merah, produk gula, dll. (hal tersebut karena ketika anda mengalami sembelit, rasa sakit pada sayatan bekas caesar akan semakin meningkat).
  • Hindari makanan pedas, goreng-gorengan, minuman bersoda dan junkfood.

Selain pantangan makanan, ada pantangan lainnya yang harus anda hindari setelah melakukan operasi caesar. Diantaranya adalah naik turun tangga, melakukan perjalanan jauh, dan mengangkat beban berat. Hal tersebut karena dapat membuat luka bekas operasi caesar anda akan bertambah sakit.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat penyembuhan luka pasca operasi caesar, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi obat herbal luka operasi QnC Jelly Gamat yang secara khusus diformulasikan untuk membantu menjaga kesehatan secara menyeluruh sekaligus membantu mengatasi, mengobati dan menyembuhkan berbagai penyakit termasuk pemulihan luka pasca operasi caesar. QnC Jelly Gamat ini bisa membantu Anda mempercepat penyembuhan luka 3 kali lebih cepat dari biasanya, meredakan rasa sakit akibat luka, menstabilkan tekanan darah, meningkatkan daya tahan tubuh, melancarkan peredaran darah, dll. Informasi selengkapnya tentang QnC Jelly Gamat [KLIK DISINI !]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *