Pantangan Untuk Ibu Setelah Operasi Caesar

By | March 30, 2017

Tidak semua ibu menginginkan metode operasi caesar saat melahirkan, terlebih bagi wanita yang baru melahirkan anak pertama. Walau menawarkan banyak keuntungan seperti mengurangi rasa sakit dan mencegah kerusakan pada organ kewanitaan, melahirkan dengan cara normal masih menjadi pilihan bagi banyak calon ibu.

pemulihan pasca operasi caesar

Namun, pada kondisi tertentu, seorang wanita mau tidak mau harus merelakan perutnya untuk disayat agar bayi dapat lahir selamat. Perjuangan wanita tak berhenti setelah luka operasi dijahit dan mengering. Banyak sekali pantangan yang harus dipatuhi oleh ibu yang sudah menjalani proses operasi caesar dan dapat menyebabkan dampak buruk jika dilanggar.

Ada beberapa pantangan untuk ibu setelah operasi caesar yang harus dipatuhi, berikut diantaranya :

Menggunakan korset

Berbeda dengan wanita yang melahirkan secara normal, menggunakan korset bagi wanita yang baru menjalani operasi caesar sangatlah berbahaya. Hal ini dapat menimbulkan resiko hernia di kemudian hari. Biarkan perut Anda mengempes dengan sendirinya terlebih jika luka pada perut belum benar-benar kering.

Mandi air panas

Mandi air panas bagi wanita yang baru menjalani operasi caesar dapat memperlambat penyembuhan luka. Usahakan mandi dengan air dingin agar badan lebih segar dan luka caesar dapat sembuh lebih cepat.

Hindari sembelit

Sembelit bisa jadi mimpin buruk bagi setiap wanita yang baru melahirkan, terlebih bagi mereka yang melahirkan melalui operasi caesar. Sembelit dapat memberikan tekanan pada luka operasi yang bisa berakibat fatal. Cukupi kebutuhan minum dan serat agar terhindar dari sembelit.

Perhatikan asupan makanan

Sebenarnya setelah operasi caesar tidak ada pantangan makanan, karena operasi tersebut tidak melukai usus. Tetapi memang memerlukan tahapan makanan, karena bius mempengaruhi kerja usus dalam mencerna makanan menjadi lebih lambat.

Jauhi makanan penyebab gas seperti kol, brokoli, lobak, kembang kol dan jamur. Selain itu jauhi juga makanan yang menyebabkan sembelit seperti daging merah, produk gula, produk susu, dll.

Mengangkat beban berat

Pantangan ini tak hana berlaku bagi ibu yang melakukan operasi caesar, namun untuk semua orang yang baru saja melakukan operasi. Mengangkat beban beat dapat memicu pendarahan dalam yang sangat berbahaya.

Tidur telentang

Mungkin kebanyakan orang mengira bahwa posisi tidur terbaik setelah operasi caesar adalah tidur telentang. Tidur telentang dapat memicu terjadinya nyeri. Posisi tidur menyamping akan meminimalisir nyeri dan membuat tidur jadi lebih nyaman.

Mengabaikan nyeri

Jangan pernah abaikan timbulnya rasa nyeri seperti sakit kepala dan mual. Hal ini bisa menjadi gejala infeksi dan harus segera ditangani oleh dokter. Dan perhatikan juga kondisi luka, jika terjadi gejala seperti luka membengkak, mengeluarkan cairan atau darah segera konsultasikan kepada dokter.

Itulah beberapa pantangan untuk ibu setelah operasi caesar, pantangan-pantangan itu harus Anda taati agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan setelah operasi caesar dan Anda bisa cepat sembuh.

Disini kami juga merekomendasikan Obat Herbal “QnC Jelly Gamat untuk Anda yang ingin mempercepat pemulihan pasca operasi caesar dan mempercepat penyembuhan luka bekas operasi caesar baik itu luka luar maupun luka dalam.

Obat herbal multikhasiat QnC Jelly Gamat ini terbuat dari perpaduan ekstrak teripang emas dan beberapa bahan alami lainnya yang sangat efektif membantu mempercepat penyembuhan luka 3 kali lebih cepat, mencegah infeksi / peradangan, meredakan rasa sakit, meningkatkan daya tahan tubuh, mempercepat pemulihan tubuh pasca operasi, dll.

Selain itu, obat herbal QnC Jelly Gamat ini sangat AMAN dikonsumsi ibu menyusui. Dan sudah terdaftar secara resmi di DEPKES P-IRT dengan No. 109321601291-1229 dan juga telah bersertifikat HALAL dari MUI.

Lihat selengkapnya ⇒ Obat Herbal Setelah Operasi Caesar

Terimakasih Sudah Berkunjung Ke Website Ini…
“Dan sesungguhnya tidak ada penyakit yang tidak bisa di sembuhkan dengan berdo’a dan berusaha, Tuhan YME pasti memberikan jalan…Semoga anda lekas sembuh”

 

Quality & Care

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *