Pantangan Makanan Pasca Operasi Usus Buntu

By | June 12, 2017

Pantangan Makanan Pasca Operasi Usus Buntu

Apa saja Pantangan Makanan Pasca Operasi Usus Buntu ? Informasi dibawah ini kami sajikan guna untuk membantu mempermudah dan mempercepat pemulihan pasca operasi usus buntu.

Setelah operasi usus buntu, banyak pantangan makanan yang harus dipatuhi para pasien. Pantangan makanan ini dilakukan untuk mencegah timbulnya luka dan masalah baru pada sistem pencernaan bagian usus. Demi mempercepat masa pemulihan dan menghindari komplikasi lainnya pasca operasi, berikut ini kami berikan informasi pantangan makanan pasca operasi usus buntu.

Makanan Yang Harus Dihindari Pasca Operasi Usus Buntu

Menurut penelitian dari John Hopkins Medicine Center, radang usus buntu membutuhkan penanganan operasi darurat yang tidak memerlukan banyak waktu. Namun, ada beberapa pantangan makanan sehabis operasi usus buntu, guna menghindari dan membatasi nyeri perut, dan memudahkan pencernaan bagi organ tubuh yang baru dilakukan pembedahan.

Berikut daftar pantangan makanan pasca operasi usus buntu :

1. Makanan yang mengandung gas dan lemak tinggi

Sangat tidak disarankan, selama masa pemulihan awal, sekitar 7-10 hari pertama, pasien makan makanan berlemak. Makanan berlemak dapat menimbulkan lemak yang tersisa pada bagian usus yang diangkat.

Makanan-makanan berlemak juga akan menyebabkan diare di sela-sela pemulihan operasi. Contohnya seperti gorengan, susu, dan es krim. Nah, sedangkan makanan yang menggandung gas tinggi seperti kacang, brokoli dan letuce, bisa menyebabkan perut kembung serta tidak nyaman.

2. Makanan padat

Makanan yang memiliki tekstur padat membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna. Apa saja contoh makanan padat yang sementara harus dihindari? Buah-buahan berdaging padat, sayuran, daging, masakan berbahan dasar unggas atau ikan, telur, kacang-kacangan, roti, bahkan nasi putih, pokoknya makanan yang butuh usaha untuk dikunyah.

3. Makanan yang tinggi kandungan gula

Makanan seperti, jelly, permen, kue-kue kering, memiliki kandungan gula tinggi. Kandungan gula tinggi, membuat tinja jadi lebih cepat keluar dari pencernaan, di mana itu tidak baik bagi usus yang dalam masa penyembuhan. Kebanyakan gula juga bisa menimbulkan diare pasca operasi usus buntu.

4. Makanan atau minuman yang mengandung alkohol

Makanan atau minuman yang memiliki kandungan alkohol, jelas ditentang untuk dikonsumsi pasien pasca operasi usus buntu. Mengapa demikian? Pertama, jelas alkohol bukan asupan baik bagi kondisi tubuh yang sedang tidak sehat. Kedua, kandungan alkohol akan bereaksi negatif jika bertemu sisa pembiusan pasca operasi dalam tubuh.

5. Makanan pedas

Banyak yang bilang makan makanan pedas dapat menyebabkan usus buntu, nyatanya tidak benar. Tapi memang salah satu pantangan makanan sehabis operasi usus buntu adalah makanan bercita rasa pedas. Makanan yang mengandung cabai, lada, dan paprika akan menyebabkan komplikasi maag pada pencernaan. Dikhawatirkan timbul rasa tidak nyaman pada perut bagian atas, lalu berakhir muntah, yang mana akan menimbulkan komplikasi lain sehabis radang usus buntu.

Adapun beberapa makanan yang di anjurkan untuk di konsumsi pasca operasi usus buntu diantaranya :

  • Makanan lunak dan mudah di cerna seperti yogurt.
  • Mengkonsumsi labu sangat baik bagi pasien pasca operasi usus buntu.
  • Makanan lain yang mengandung beta-karotein seperti : Wortel dan sayuran hijau.

Jika anda ingin mempercepat proses pemulihan pasca operasi usus buntu ada beberapa hal yang harus di lakukan yakni : melakukan istirahat yang cukup, mengkonsumsi makanan yang mengandung protein yang sudah di olah menjadi makanan lunak dan sehat, tidak melakukan aktivitas yang berat-berat dan perbanyak minum air putih sebanyak 8 gelas/hari.

Selain itu juga , ada beberapa jenis buah-buahan yang baik untuk di konsumsi bagi pasien pasca operasi usus buntu yaitu buah apel, pir, pisang dan buah naga yang bisa anda konsumsi supaya bisa mempelancar BAB anda dan bisa mempercepat proses penyembuhan.

Apabila dalam proses pemulihan pasca operasi anda harus mengkonsumsi obat sesuai anjuran dokter, alangkah baiknya anda juga di barengi dengan melakukan pengobatan dengan mengkonsumsi obat pengering luka operasi usus buntu.

Di mana obat herbal tersebut terbuat dari 100% bahan alami yang sudah di uji secara klinis dan sangat efektif dalam menuntaskan berbagai penyakit terutama penyakit usus buntu.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai Pantangan Makanan Pasca Operasi Usus Buntu, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda dan terimakasih atas kunjungannya.

Pantangan Makanan Pasca Operasi Usus Buntu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *