Cara Merawat Luka Bekas Operasi Yang Baik dan Benar

By | July 25, 2017

Cara Merawat Luka Bekas Operasi Yang Baik dan Benar Merawat luka jahitan atau luka bekas operasi tentunya bukan merupakan sebuah hal yang mudah untuk dilakukan, pasalnya kesalahan disaat merawat luka bekas operasi tersebut dapat menimbulkan beberapa resiko yang cukup fatal seperti infeksi yang dapat berdampak lain pada luka bekas operasi tersebut.

Penyembuhan luka tergantung pada lokasi luka dan perawatan luka. Apabila luka dirawat dengan baik, hal ini dapat mencegah terjadinya infeksi sekunder oleh bakteri. Infeksi sekunder bakteri dapat memperlama penyembuhan luka. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui cara merawat luka bekas operasi yang baik dan benar, agar luka bekas operasi bisa cepat sembuh dan tentunya Anda bisa beraktivitas kembali seperti biasa.

Berikut Ini Cara Merawat Luka Bekas Operasi Yang Baik dan Benar :

Lindungi Luka Jahitan / Luka Bekas Operasi

Pertama-tama, anda harus menghindari air setidaknya 24 jam setelah luka jahitan dibuat. Hal ini dilakukan untuk mencegah bakteri dalam air masuk ke dalam luka, karena luka belum tertutup dengan sempurna. Melindungi luka dengan baik juga bisa mempercepat penyembuhan luka, asal dilakukan dengan benar.

Lalu bagaimana caranya? Pertama, sediakan perban yang steril yang hanya dijual di apotek atau toko-toko obat. Lalu tetesi perban dengan anti-biotik yang disarankan oleh resep dokter. Dengan hati-hati, tempelkan perban pada luka jahitan bekas operasi, lalu tutup dengan plester kulit/plester medis warna coklat.

Mandi dan Bersihkan Badan

Salah satu dilema mereka yang memiliki luka jahitan bekas operasi adalah pada saat mandi. Air yang tidak steril memang mengandung bakteri, sehingga bisa memperlambat proses penyembuhan luka jahitan bekas operasi. Agar tidak mengganggu proses penyembuhan luka jahitan bekas operasi, usahakan untuk tidak membasahi luka tersebut.

Salah satu cara melindungi luka bekas jahitan operasi Anda saat mandi adalah dengan membungkusnya dengan plastik bening. Bagi mereka yang memiliki luka operasi pada bagian abdomen, sebaiknya hindari mandi seperti biasanya. Membasuh badan dengan handuk basah adalah cara yang lebih baik untuk membersihkan badan.

Bersihkan Luka Jahitan / Luka Bekas Operasi

Setidaknya dua kali sehari, yaitu setelah mandi atau membersihkan badan dan sebelum tidur, bersihkan luka jahitan bekas operasi dengan cara yang disarankan oleh dokter. Ini dia langkah-langkah sederhana dan mudah untuk membersihkan luka jahitan bekas operasi.

Pertama, buka perban penutup luka secara perlahan. Kedua, basahi sebatang cotton bud dengan cairan antibiotik yang telah diresepkan oleh dokter. Lalu usapkan secara lembut pada permukaan luka, perlahan mulai dari tengah luka lalu ke bagian luar luka.

Tunggu hingga permukaan luka kering (hindari meniup atau mengusap dengan tissue), lalu lanjutkan dengan proses menutupnya dengan perban.

Makanan Yang Dapat Mempercepat Penyembuhan Luka

Penyembuhan dari luar juga harus didukung penyembuhan dari dalam. Selain mengkonsumsi obat / suplement yang disarankan oleh dokter, mengkonsumsi makanan tertentu juga membantu proses penyembuhan luka bekas operasi.

Jenis makanan yang pertama adalah yang mengandung vitamin C, yang membantu memperbaiki collagen pada kulit. Makanan yang mengandung beta karoten atau vitamin A, seperti sayuran hijau dan wortel, juga membantu proses penyembuhan luka. Makanan yang mengandung zinc dan protein juga membantu proses penyembuhan luka dari dalam.

Kenali Gejala Awal Infeksi

Kunci utama untuk mempercepat proses penyembuhan luka bekas operasi adalah menjaga agar luka tetap steril, bebas dari bakteri yang menyebabkan infeksi. Oleh karena itu, mengetahui gejala awal infeksi sangatlah penting agar bisa segera dilakukan pertolongan pertama untuk mencegah infeksi yang lebih parah.

Lalu apa saja gejala awalnya? Saat membersihkan luka bekas operasi, pastikan tidak ada warna merah dan bau yang agak menyengat dari luka. Luka bekas operasi (yang masih diperban) yang membengkak juga adalah tanda awal infeksi. Segeralah periksakan luka ke dokter bila terjadi gejala infeksi awal diatas.

INFO TERBARU – OBAT HERBAL “QNC JELLY GAMAT” UNTUK MEMPERCEPAT PENYEMBUHAN LUKA OPERASI

QnC Jelly Gamat merupakan sebuah produk herbal asli berbahan dasar dari ekstrak teripang emas murni. Para ahli kesehatan merekomendasikan obat herbal QnC Jelly Gamat untuk membantu mempercepat proses pemulihan & penyembuhan luka pasca operasi.

Artikel Lainnya :

Dalam beberapa tahun ini teripang emas telah banyak digunakan sebagai salah satu bahan alami yang bermanfaat untuk kesehatan. Dan telah banyak penelitian yang dilakukan pada teripang emas oleh beberapa ahli kesehatan dari berbagai negara.

Riset penelitian menunjukan, terdapat sekitar 50 jenis kandungan aktif biologi yang ditemukan pada teripang emas (Golden Stichopus Variegatus) yang menjadi bahan dasar Obat Herbal QnC Jelly Gamat.

Manfaat mengkonsumsi QnC Jelly Gamat setelah operasi, antara lain sebagai berikut :

√ Menyembuhkan luka 3 kali lebih cepat
√ Meregenerasi & mengaktifkan pertumbuhan sel dengan cepat
√ Mencegah serta mengatasi inflamasi (peradangan) dan infeksi pada luka
√ Dapat mengurangi rasa nyeri bahkan juga di katakan mempunyai anti analgesik 3 kali lebih kuat dari pada paracetamol (obat golongan analgesik-antipiretik atau anti nyeri serta anti panas)
√ Dapat menstabilkan emosi pasca operasi
√ Memelihara sirkulasi darah supaya tetap lancar
√ Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
√ Menghilangkan luka bekas operasi
√ Membuat kulit lebih muda dan meningkatkan kecantikan kulit.

Itulah beberapa cara merawat luka bekas operasi yang baik dan benar yang bisa Anda lakukan dirumah. Semoga bisa membantu Anda dan semoga lekas sembuh.

Cara Merawat Luka Bekas Operasi Yang Baik dan Benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *